Langsung ke konten utama

I can't believe i have been three years here

my desk, June 14th 2013

I can't believe i have been three years here.

Yep, it is my 3rd year in PT Ungaran Sari Garment. After all the stormy periods, exhausted time, crazy works and many stuffs, I am still alive.
Let me emphasize. I - CAN - SURVIVE. Hahaha.. Wow.

Waktu cepat sekali berlalu ya?

Ceritanya bakal panjang nih. Kalo kamu udah bosen, mending pindah channel aja gih.
Biar kayak sinetron, saya akan membagi cerita kilas balik ini dalam beberapa chapter.

Dan ini, ladies and gentlement, adalah bagian satu.


Chapter #1 : The Beginning

Almost three years ago, in 14th June 2010 I was called to be receptionist at Front Office PA1. Nggak kebayang senengnya waktu saya dikasih tau : Kamu keterima. Besok senin mulai masuk ya.

Ya Robbi, saya bakal kerja! Setelah hampir satu minggu bolak-balik buat interview, test tertulis, dan test kesehatan, akhirnya besok Senin saya resmi jadi seorang karyawan.
Saya bukan anak sekolah lagi! Saya bakal cari duit sendiri! Ay, karamba!

Ehem. Overrated. I know.

Tapi bagaimana mungkin saya nggak bisa lebay? Dulu pas pertama kali melamar kesini, saya bener-bener nggak ada pemikiran sama sekali tentang bagaimana pekerjaan saya. Pokoknya di PT Ungaran Sari Garment ada lowongan kerja. Titik.
Kerja jadi apa? Nggak tau. Pokoknya ngelamar jadi admin.

Boro-boro kerjaanya kayak gimana, lha wong lokasi pabriknya dimana aja saya nggak tau. Saya cuma inget pas main ke tempat Pak Wirawan, saya melewati perusahaan namanya PT Ungaran Sari Garments.
Jadi ketika saya baca pengumuman dari BKK Semarang bahwa PT Ungaran Sari Garment sedang buka lowongan, tanpa pikir panjang saya langsung mengatur surat lamaran, Surat Keterangan Catatatan Kepolisian dan berkelakuan baik, surat kesehatan, dan segala tetek bengek urusan lamar-melamar. Pagi-pagi saya udah berangkat ke terminal dan menuju PT Ungaran Sari Garment yang letaknya dekat rumah Pak Wirawan.

Saya berangkat bareng Nina, temen sekelas yang tinggal di Klipang. Kami ketemuan di Javamall.
Saat saya nunjukin lamarannya, Nina kaget.

"Kok alamatnya beda, Dev? Bukannya kita harusnya ke Pringapus?"

Gantian saya yang kaget. Kok di Pringapus? Perasaan rumah Pak Wirawan di Ungaran deh. Saya juga yakin banget kalau pabrik yang saya lihat dulu namanya PT Ungaran Sari Garment. Kok tempat lamaran kami beda sih?

Saat kami naik bus Semarang-Solo, kami melewati rumah Pak Wirawan dan ......... disana! Tidak jauh dari situ, ada pabrik yang sama. Pabrik yang saya lihat nyaris 5 tahun lalu. Tulisannya : PT UNGARAN SARI GARMENTS.

Berarti surat lamaran saya udah bener dong? Karena Nina jadi ragu, akhirnya saya temenin dia sampai Pasar Karangjati. Begitu sampai di Pasar Karangjati, saya bingung : habis ini ke arah mana yak? Tapi saya sok tau aja. "Kesana Nin!" sambil nunjuk ke arah lampu merah.

Apakah arahnya bener? Saya nggak tau. Feeling-nya sih bener. Hehehehe

Beruntungnya, ada abang-abang angkot yang teriak "Pringapus! Pringapus!" wah.. saya langsung tarik tangan Nina buat naik. "Kamu naik ini, Nin. Aku balik lagi ke pabrik yang di Ungaran tadi"
Nina bilang makasih dan ngasih uang 5ribu ke saya. Itung-itung ganti ongkos transport karena tadi saya nganterin dia. Hohoho.. makasih Nin. Tapi kok cuma limaribu sih? *hussh!!*

Karena takut makin kesiangan, saya akhirnya naik kendaraan-andalan-manusia-saat-kepepet : OJEK.
Dari Pasar Karangjati ke Ungaran, saya naik ojek ke Ungaran, yang udah saya lewatin tadi. Saya disambut sama pak satpam yang langsung tanya sok galak "mau ngapain mbak? mau ngelamar kerja?"
Paling males kalo ketemu satpam kayak gini. Tanya baik-baik kan bisa. Emang tampang saya kayak orang minta sumbangan ya?

Untungnya saya udah tanya-tanya sama Mba Riska, senior debat saya yang kebetulan kerja di Ungaran Sari Garment. Mba Riska bilang, kalau udah sampai sana bilang aja mau interview dan ketemu sama Pak Rizky.

"Saya mau interview Pak. Saya diminta datang untuk ketemu dan wawancara dengan Bu Desi dan Pak Rizky" kata saya, menirukan omongan Mba Riska.

Habis itu pak satpam minta saya supaya lewat pintu kedua, yang dekat Undaris. Nah, kan. Untung saya udah tau siapa nama HRD-nya. Kalo enggak pasti nyali saya dibikin tambah ciut.

Dan dengan masuknya saya ke ruangan HRD recruitment untuk bertemu Bu Dessy, maka dimulailah proses interview itu. Interview pertama dalam catatan kerja saya...


--bersambung--


Sekian untuk bagian permulaan. Inilah awal saat Devi yang cupu dan bahkan belum resmi wisuda dari institusi SMK7 itu mencari kerja.

Just incase you're curious, please visit the next chapter on my other post. But if you think it's not important (yeah, even myself think it's really not important post), you may leave and read another post.

Disini saya cuma mau share aja. Yahh.. kali-kali aja ada diantara kalian yang masih sekolah dan pengen kerja, jadi kalian ada gambaran kira-kira interview perusahaan itu kayak gimana.

Atau mungkin diantara kalian ada yang minat mau ngelamar di PT USG juga? Boleh.. boleh.. Lumayan, beban saya jadi ringan kalau mau resign. Hahahaha

*PS : kenapa di awal ada tulisan 14 June 2013 ? Bukannya sekarang bulan November? Ehmm.. jadi sebenarnya draft tulisan ini sudah mulai ditulis tanggal 14 Juni 2013, tepat saat saya genap 3 tahun bekerja.
Tapi, apalah daya, kadang saya kena sindrom Writer's Block, atau saat mencuri-curi waktu buat nulis, tiba-tiba Ibu manajer memanggil atau bertanya sesuatu. In those situation, I must stop my writing, right? Lalu saat akan melanjutkan lagi, moodnya udah beda. Begitulah nasib si blogger ilegal. Nggak punya laptop sendiri.

Thanks for reading this post. Have a nice day always.

Komentar

  1. Mb kerja di ungaran sari garment, lingkungan kerjanya gimana? Enak gak? Hehe

    BalasHapus
  2. enak-enak aja tuh, hehehehe :D
    emang sih selalu ada hal-hal yang mengganggu. Asal sabar dan menikmati pasti lama-lama terbiasa.

    BalasHapus
  3. Saya berencana buat melamar kerja di unggaran sari garment, saya dr jogja untuk kesana kira2 kli saya naik bis jogja-semarang saya hrs berhenti dmana ya biar bs ke tempat unggaran sari garmen?

    BalasHapus
  4. mbak, saya mau nanya kerja bagian PPMC spesifiknya gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Melva. Untuk jobdesc PPMC pernah saya buatkan ulasan singkatnya di blog ini (silakan copy paste link-nya). Semoga menjawab pertanyaan kamu. Good luck :)

      link : http://deviindisguise.blogspot.co.id/2017/12/i-cant-believe-i-have-been-three-years.html?m=1

      Hapus
  5. Halo mbak devi, yang perlu dibawa saat interview pertama apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penampilan rapi, bersih, sopan. Siapkan mental, nggak perlu grogi, jawablah dengan percaya diri. Jangan lupa sarapan dulu. Bawa alat tulis seperlunya, siapa tau dikasih test. Good luck :)

      Hapus
  6. Mb biasanya lamaran dikirim langsung atau via pos/ jasa pengiriman bisa?

    BalasHapus
  7. Jam kerja utk bagian ofice staff, khususnya bagian IT support dari jam brp samapai jam brp ya?. Tertarik ngelamar di USG.

    BalasHapus
  8. bener gak interview di usg pake bahasa inggris?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

i can't believe i have been three years here (part 4 - End)

Chapter #4 : The Planning World  Ah, akhirnya diterusin juga ceritanya. Pada waktu postingan ini pertama dibuat, saya genap tiga tahun kerja di PT USG, hence the title. Kemudian saya lanjutkan ceritanya, lalu sempat vakum, lalu posting lagi cerita lanjutannya, dan vakum lagi cukup lamaaaaaaa di chapter tiga. Ketika chapter empat ini saya susun, saya sudah bekerja di perusahaan ini selama uhmm... delapan puluh sembilan bulan. Sudah menjelang sewindu. Masih ingat kan, hitungan matematika sewindu itu berapa tahun? Gara-gara cerita ini juga, banyak sekali email-email yang masuk ke Gmail dari para calon pelamar kerja yang nanya-nanya soal PT USG kepada saya. Umumnya mereka ini para lulusan baru alias fresh graduate yang lagi nyari kerja, terus mereka lihat lowongan di PT USG sebagai PPMC. Karena nggak paham apa itu PPMC, mereka akhirnya buka Google, terus ngetik keyword "PPMC." Hasil penelusuran mereka salah satunya mengarah ke postingan ini Rata-rata dari mereka adala

Hompimpa (Sebuah puisi dari Tengsoe Tjahjono)

Puisi Hompimpa karangan Tengsoe Tjahjono pertama kali saya ketahui saat kelas 1 SMP. Tepatnya saat classmeeting yang diadakan pasca ulangan umum. Sekolah saya SMP Negeri 6 Semarang mengadakan beberapa lomba. Yah, buat ngisi hari aja sih. Supaya murid-muridnya nggak nganggur gitu. Waktu itu Bu Tamsih (salah satu pengajar Bahasa Indonesia) mengadakan lomba deklamasi puisi Hom-Pim-Pa untuk anak-anak kelas tiga. Syaratnya : saat deklamasi puisi, satu kelas harus maju semua. Tidak boleh hanya satu orang yang maju deklamasi mewakili kelas mereka. Pokoknya, satu kelas maju bareng. Tampil di tengah-tengah lapangan. Ditonton oleh kelas satu dan kelas dua. Asik ya? Tampil rombongan, gitu. Jadi bisa dilihat kekompakan masing-masing kelas. Kalau satu orang salah, ya satu kelas bisa ancur. Pernah ada kelas yang tampil bagus banget di awal. Setelah memasuki bagian tengah-tengah, ada murid yang suaranya cempreng dan cengengesan (sungguh kombinasi yang absurd, hehe) yang tentu saja membuat semua penon