Langsung ke konten utama

Jogja Oh Jogja

Buatku, Jogja itu istimewa. Jogja is special.

tau kenapa? karena guru SD bilang gitu. Bu Tutik, guruku di kelas 6 bilang: "Jogjakarta disebut daerah istimewa, makanya disingkat DIY, Daerah Istimewa Yogyakarta"

tapi bukan karena kata2 Bu Tutik yang bikin Jogja spesial buat Devi. "Spesial" disini artinya pakai telur, cabe banyak, karetnya dua. Tunggu tunggu, itu mah nasi goreng ya? Sori, saya kalo lagi laper emang suka ngaco gini.
Balik lagi ke Jogja is special. Yep, kota Jogja istimewa karena saya punya banyak kenangan tentang kota ini. Pertama kali saya ke Jogja pas umur 11th, kls 5 SD waktu itu acara piknik Ibu-ibu PKK di kampung saya. Kita ke Kiai Langgeng, ke Borobudur, trus ke Gembira Loka. That was the first time for me to see Jogja.

Pertama kalinya liat Borobudur secara live (biasanya cuma liat di Buku Pelajaran) trus makan siang di taman dekat Borobudur (Bapak saya bawa tiker sendiri loh!).
Pertama kalinya liat Gembira Loka yang banyak binatang (ya iyalah, namanya juga kebun binatang) dan sempat dilarang Ibu jangan liat ke atas, takut kejatuhan kotoran burung.
Pertama kalinya ke Kiai Langgeng, dan main sepuasnya. Lihat ikan macem-macem bareng temen2 waktu itu: Andi, Hendri, Ani, trus adek saya Nova.

that was beautiful. Selama seminggu kita cerita2 terus sambil main monopoli (tuhh kann, anak kecil main monopoli aja sambil nggosip. hehehe)

setahun kemudian, saya ke Jogja lagi buat piknik kelas 6. ini kedua kalinya.
Kali ini ke Prambanan dan Gembira Loka (yeah, menengok nenek moyang hehehe)
foto sama bule, foto sama arca, dan foto sama 'pacar cinta monyet' waktu itu: Angga.
Selama seminggu foto ini dibahas sama temen2 lengkap dengan imbuhan "ciee..ciee..." sejuta kali sampai kuping pengar.

tahun 2006, saat MOS kelas 1 STM, saya dibawa ke Jogja lagi! ini ketiga kalinya.
habis mengunjungi RRI Semarang, rombongan bis TAV+TEI melaju ke Borobudur. Dengan memakai seragam SMP plus rambut dkuncir dua, pakai pita biru (style anak TK) kita keliatan cupu2 abis! cuma sempat beli gantungan kunci sih, itupun karena sebel dikuntit ama penjualnya.

naik kelas 2 STM, saya kembali ikut ke Jogja. ini ke-empat kalinya.
resiko jadi OSIS, yang musti ndampingin anak kls 1 buat MOS. Lagi-lagi Borobudur.
saya dan Septi sempat jadi tontonan warga karena disuruh push-up sama Pak Arief Subandi. Gara-gara nertib-in adek kelas biar gak kesasar dan antre lama saat sholat dhuhur, kita berdua telat dan dihukum. Wuahh, warga terpesona lihat wonderwoman berjibab disuruh push up saat panas2 jam 3.

saat kelas 3, saya kembali ke Jogja. ini kelima kalinya (wah,, harusnya udah dapet payung kali ya? hehehe)
terpilih lagi jadi pengurus OSIS, it means musti ndampingi anak baru ke Jogja lagi.
di borobudur, saya sempat beli gantungan handphone harganya 3ribu.

is it finished? Beluummm,, saya masih ke Jogja lagi, kawan. Dan kali ini, kenangan buruk.
kelas 4 saya ikut GPBN (Gelar Prestasi dan Bela Negara) tingkat Nasional di Kaliurang.
senang bisa nginep di hotel bintang 4 (hotel saphir), trus ketemu anak2 GPBN se-Indonesia, dan ngabur ke Prangtritis. udah gitu, liat pertunjukan kesenian anak2 SMK se-Indonesia. dan piknik ke Borobudur, trus.. lihat pertunjukan sendratari Ramayana di Hall Rama Shinta Prambanan. Wuihh.. it's spectacular taht you must see. Hall-nya kayak amphiteater, sampe pantat jadi panas dan pegel (iyalah, duduk selama 2 jam di tempat duduk batu yo jelas panas!)

tapi,, sayangnya Jateng kalah. Tim debat kami kalah sama Riau di babak Quarterfinal.
do u know, saya sempet down utk beberapa lama, dan sampai sekarang masih merasa bersalah.

untuk ke-tujuh kalinya saya ke Jogja. Kali ini ke Akprind buat lomba pidato Bahasa Inggris.
yang ikut Devi, Adji, Pustaka, ama Sindhu. Kita didampingi sama Pak Yoyok. Di penginapan yang deket ama Gembira Loka, kita jalan2 trus foto-foto di deket kolam renang dan Gembira Loka (cuma depannya aja) soalnya belum dibuka. Malamnya kita makan Bakmi Jowo yang harga satu porsinya mahal bgt! hampir 20rbu. Gilaa.. mana nunggunya lama. Nunggu pesanan dateng (dihibur musik keroncong) selama 30menit, padahal proses makannya cuma 15menit. Huehuehuehue.. tapi asli deh, enak bgt. Pantes para pejabat sering kesini. Anyway, alhamdulillah di lomba pidato saya dapet juara satu. Pialanya gede bgt. Hehehe

dann.. pengalaman paling serem sekaligus apes (buat pak yoyok) adalah ketemu wanita jadi-jadian alias Bencong Lampu Merah. Sumpeh, gak ada bayangan apa-apa, tau2 pas lagi ngobrol, dua bencong (iyeh, bener ada dua bencong) nyanyi sambil megang kicrik-kicrik khas mereka. Ciri-ciri bencong itu? hmm.. catat ya, yg satu idungnya gede bgt kayak burung betet. Yang satu lagi.. wah udah lupa tuh. Kita bengong semua satu mobil. Baru pas wanita2 sangar itu pergi, kita ketawa ngakak. Wakakakakak...

delapan kali sudah saya ke Jogja. Last time I visited Jogja is on New Year's vacation 2011, barengan sama rekan sekantor PPMC. Bareng2 sama keluarga mereka, kita nyewa 3 mobil trus ke Borobudur dan Kiai Langgeng. Awalnya ini keterpaksaan alias setengah hati, tapi sore harinya saya bisa enjoy. Apalagi pas nyobain mini roll coaster (tiket cuma 4ribu, tapi mesin roller coaster-nya udah karatan dan bikin ati ciut) saya sampe merapal doa berkali-kali,. mohon ampun berkali-kali, dan bilang "astaghfirullah" tiap kali kereta naik tanjakan. Padahal mbak reni, mbak Febri, Mbak Rina dan saya udah underestimate duluan lihat track-nya yang "ah, lintasannya pendek bgt. Beginian doang sih kecil" Pokoknya kita pede abis. Begitu naik, yang tadinya "ah, beginian doang" berubah jadi "udah....ampuun! Stop!" Horor abis.

Well... Jogja is special. I believe banyak orang yang udah sering bgt ke Jogja lebih sering dari sya, bahkan hapal jalan2 di Jogja. Tapi buat saya, yg notabene bukan penyuka travelling trus jarang jalan2 selain ke toko buku, visiting Jogja is special experience. Dompet ethnic saya (yg dicopet orang) juga beli di Jogja. Tas kulit lucu (yg bikin Atika pengen) juga beli di Jogja. Bakmi super mahal juga beli di Jogja. Cowok pintar berkacamata yg kuliah Pendidikan Kimia di UGM yg sering bikin saya klepek2 dan kangen berat juga ada di Jogja (ciee.. from Jogja with love nih!)

bulan depan, kalo gak ada halangan, saya akan ke Jogja lagi sama teman2 cewek TAV.
once more, for the ninth time, i visit the uniquely special cultural city Jogja.

ada ke-istimewaan apa lagi ya? ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

i can't believe i have been three years here (part 4 - End)

Chapter #4 : The Planning World  Ah, akhirnya diterusin juga ceritanya. Pada waktu postingan ini pertama dibuat, saya genap tiga tahun kerja di PT USG, hence the title. Kemudian saya lanjutkan ceritanya, lalu sempat vakum, lalu posting lagi cerita lanjutannya, dan vakum lagi cukup lamaaaaaaa di chapter tiga. Ketika chapter empat ini saya susun, saya sudah bekerja di perusahaan ini selama uhmm... delapan puluh sembilan bulan. Sudah menjelang sewindu. Masih ingat kan, hitungan matematika sewindu itu berapa tahun? Gara-gara cerita ini juga, banyak sekali email-email yang masuk ke Gmail dari para calon pelamar kerja yang nanya-nanya soal PT USG kepada saya. Umumnya mereka ini para lulusan baru alias fresh graduate yang lagi nyari kerja, terus mereka lihat lowongan di PT USG sebagai PPMC. Karena nggak paham apa itu PPMC, mereka akhirnya buka Google, terus ngetik keyword "PPMC." Hasil penelusuran mereka salah satunya mengarah ke postingan ini Rata-rata dari mereka adala

Hompimpa (Sebuah puisi dari Tengsoe Tjahjono)

Puisi Hompimpa karangan Tengsoe Tjahjono pertama kali saya ketahui saat kelas 1 SMP. Tepatnya saat classmeeting yang diadakan pasca ulangan umum. Sekolah saya SMP Negeri 6 Semarang mengadakan beberapa lomba. Yah, buat ngisi hari aja sih. Supaya murid-muridnya nggak nganggur gitu. Waktu itu Bu Tamsih (salah satu pengajar Bahasa Indonesia) mengadakan lomba deklamasi puisi Hom-Pim-Pa untuk anak-anak kelas tiga. Syaratnya : saat deklamasi puisi, satu kelas harus maju semua. Tidak boleh hanya satu orang yang maju deklamasi mewakili kelas mereka. Pokoknya, satu kelas maju bareng. Tampil di tengah-tengah lapangan. Ditonton oleh kelas satu dan kelas dua. Asik ya? Tampil rombongan, gitu. Jadi bisa dilihat kekompakan masing-masing kelas. Kalau satu orang salah, ya satu kelas bisa ancur. Pernah ada kelas yang tampil bagus banget di awal. Setelah memasuki bagian tengah-tengah, ada murid yang suaranya cempreng dan cengengesan (sungguh kombinasi yang absurd, hehe) yang tentu saja membuat semua penon

I can't believe i have been three years here

my desk, June 14th 2013 I can't believe i have been three years here. Yep, it is my 3rd year in PT Ungaran Sari Garment. After all the stormy periods, exhausted time, crazy works and many stuffs, I am still alive. Let me emphasize. I - CAN - SURVIVE. Hahaha.. Wow. Waktu cepat sekali berlalu ya? Ceritanya bakal panjang nih. Kalo kamu udah bosen, mending pindah channel aja gih. Biar kayak sinetron, saya akan membagi cerita kilas balik ini dalam beberapa chapter. Dan ini, ladies and gentlement, adalah bagian satu. Chapter #1 : The Beginning Almost three years ago, in 14th June 2010 I was called to be receptionist at Front Office PA1. Nggak kebayang senengnya waktu saya dikasih tau : Kamu keterima. Besok senin mulai masuk ya. Ya Robbi, saya bakal kerja! Setelah hampir satu minggu bolak-balik buat interview, test tertulis, dan test kesehatan, akhirnya besok Senin saya resmi jadi seorang karyawan. Saya bukan anak sekolah lagi! Saya bakal cari duit sendiri! Ay, karam